Keberhasilan Suatu Perusahaan memiliki Keunggulan Kompetitif karena Dukungan dari IT
Keunggulan Kompetitif ?
Suatu perusahaan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif ketika perusahaan tersebut mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain (pesaing,) untuk melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain, jadi intinya kita mimiliki keunggulan dari pada perusahaan lT lain
Sejarah PT PLN
Sejarah PT PLN (Persero) Pusat Enjiniring
Ketenagalistrikan dan organisasinya yang dibentuk dengan Surat
Keputusan Direksi PT PLN (Persero) Nomor 195.K/DIR/2010, tanggal 14
April 2010 merupakan pengembangan dari PLN Jasa Enjiniring yang dibentuk
berdasarkan SK. Direksi No. 029.K/025/DIR/1996, tanggal 12 Maret 1996
dimana PLN JE sebelumnya merupakan pengembangan dari PLN PPE (Pusat
Pelayanan Enjiniring) yang dibentuk berdasarkan SK. Direksi No.
085/DIR/85 tanggal 10 Mei 1985 dimana secara operasional sejak bulan
Maret 1988 berperan sebagai in-house Consultant untuk PT PLN (Persero).
Di samping sebagai tugasnya sebagai Unit
Penunjang di bidang Enjiniring Ketenagalistrikan PLN Pusat Enjiniring
Ketenagalistrikan bertugas membina dan menyiapkan konsultan nasional,
pembinaan dilakukan dengan cara mewajibkan Konsultan Nasional pada
setiap kontrak PLN. Dengan demikian Konsultan Nasional tersebut bekerja
sama dengan PLN PPE dan Konsultan Asing melaksanakan kegiatan Enjiniring
(on the job participation).
Kerjasama dengan konsultan-konsultan
lokal seperti (PT. Encona, PT.Arkonin, PT. Mitsa Ewbank Preece, PT.
Connusa, PT. Graha Purnalistna, PT.Wiratman, PT. Indra Karya, PT. Kwarsa
Hexagon) dan Konsultan Asing (Bechtel Internasional, Inc., Black &
Veacth international, Lahmeyer International,Tepsco, Nippon Koei, Genzl,
Wesjec, Monenco, Electro Watt, Europe Power System, Sargent & Lundy
Integ, Ewbank Preece, Collenco) terus di tumbuh-kembangkan dalam rangka
meningkatkan pangsa pasar serta meningkatkan pengembangan kinerja dan
bobot pengalaman bidang-bidang keahlian khusus sektor ketenaga
listrikan.
Sebagai in-house Consultant PLN Pusat
Enjiniring Ketenagalistrikan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan
profesionalisme khususnya dalam menghadapi tantangan dan tuntutan pasar
yang semakin konpetitif. Sebagai kantor yang bergerak dibidang
perencanaan PLN Pusat Enjiniring Ketenagalistrikan merasa perlu untuk
memperoleh suatu pengakuan akan kemampuannya.
Sesuai kondisi dan kemampuan yang,
sekaligus untuk memantapkan Prosedur Enjiniring yang telah
dimplementasikan secara ekstensif dan intensif sejak Septeember 1996 PLN
Pusat Enjiniring Ketenagalistrikan memprogramkan untuk memperoleh ISO
9001 dibidang desain dan telah berhasil memperoleh sertifikat tersebut
dari Badan Sertifikasi Internasional SGS- Yarsley International
Certification Services Limited pada tanggal Juni 1997.
Dengan dimilikinya Sertifikat ISO 9001
maka PLN Unit Bisnis Pusat Enjiniring Ketenagalistrikan dapat
disejajarkan dengan perusahaan-perusahaan Konsultan terkemuka lainya
dalam bidang enjiniring ketenaga listrikan. PLN Pusat Enjiniring
Ketenagalistrikan memberikan pelayanan yang handal dan memuaskan
pelanggan, mampu bersaing secara internasional dengan selalu mengikuti
perkembangan teknologi serta didukung oleh enjinir yang profesional dan
sitem manajeman mutu ISO 9001.
Token PLN dan Masyarakat Modern
0 komentar:
Posting Komentar